E-Learning: Teori, Desain, dan Implementasi Pembelajaran Digital di Era 5.0 – Sitti Suhada, Listiarini Edy Sudiati, Nirsal, Ali Impron, Brigida Intan Printina, Muhammad Fairuzabadi, Michael Oktavianus, Salamah, Thiara Tri Funny Manguma, Ahmad Agung Yuwono Putro, Saiful Bahri, Erny Marlina, Shindy Arti, Emi Tipuk Lestari

Buku ini memberikan pemahaman komprehensif mengenai konsep, prinsip, serta praktik e-learning dalam konteks pendidikan modern.
Pembahasan mencakup landasan filosofis dan teoritis—meliputi Behaviorisme, Kognitivisme, Konstruktivisme, dan Teori Sosial—yang menjadi dasar bagi desain instruksional yang efektif. Selain itu, buku ini mengkaji perancangan e-learning melalui model seperti ADDIE dan Dick & Carey, serta pemanfaatan teknologi pendukung seperti LMS, xAPI, dan komputasi awan untuk implementasi yang terstruktur dan adaptif.
Analisis juga diarahkan pada teknologi mutakhir, termasuk Artificial Intelligence (AI), Virtual/Augmented Reality (VR/AR), dan Gamifikasi, yang berperan dalam meningkatkan pengalaman belajar dan personalisasi. Tantangan kesenjangan digital turut dibahas sebagai bagian dari upaya mewujudkan pendidikan yang inklusif dan berkeadilan.
Dengan pendekatan multidisiplin, buku ini ditujukan bagi pendidik, mahasiswa, pengembang sistem, dan pemangku kebijakan yang berkomitmen memperkuat ekosistem pembelajaran berbasis teknologi. Pembaca diharapkan memperoleh kerangka konseptual dan aplikatif untuk merancang solusi e-learning yang relevan dan berkelanjutan di Era Society 5.0.

Penulis:

Sitti Suhada, Listiarini Edy Sudiati, Nirsal, Ali Impron, Brigida Intan Printina, Muhammad Fairuzabadi, Michael Oktavianus, Salamah, Thiara Tri Funny Manguma, Ahmad Agung Yuwono Putro, Saiful Bahri, Erny Marlina, Shindy Arti, Emi Tipuk Lestari

ISBN:

xxx-xxx-xxxx-xx-x

Penerbit:

Yashmedia

Editor:

Muhammad Fairuzabadi

Layout:

Tim Yash Media

Dimensi | Halaman:

15 x 23 cm | xviii + 327 hlm


Posted

in

,

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *