TRANSFORMASI PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI : Konsep dan Implementasi – Muhammad Iqbal Birsyada, Adam M Tanniewa, Kabib Sholeh, Wibawa, Kartika Sari, Ali Impron, Roro Inda Melani, Muhammad Fairuzabadi, Wafiyatu Maslahah, Brigida Intan Printina, Agus Mursidi, Emi Tipuk Lestari

Dalam era digital saat ini, integrasi teknologi informasi dalam pendidikan sejarah bukan lagi pilihan, melainkan keniscayaan. Buku ini mengupas bagaimana teknologi dapat mentransformasi cara mengajar dan belajar sejarah—dari metode konvensional yang naratif menuju pendekatan yang interaktif, visual, dan kontekstual. Dengan memadukan fondasi teoritis dan aplikasi praktis, buku ini menjadi panduan penting bagi pendidik yang ingin menghadirkan pembelajaran sejarah yang relevan dengan gaya belajar generasi digital.
Disusun oleh tim akademisi lintas bidang, buku ini mengeksplorasi beragam teknologi pendidikan seperti multimedia digital, e-learning, Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), aplikasi mobile, hingga database sejarah berbasis big data dan AI. Disertai studi kasus nasional dan internasional, buku ini juga membahas tantangan etika, kesenjangan digital, serta strategi pengembangan kurikulum sejarah berbasis IT.
Sangat direkomendasikan untuk dosen, guru sejarah, mahasiswa, peneliti, pengembang kurikulum, dan semua pihak yang peduli terhadap masa depan pendidikan sejarah Indonesia di tengah gelombang transformasi digital.

Penulis:

Muhammad Iqbal Birsyada, Adam M Tanniewa, Kabib Sholeh, Wibawa, Kartika Sari, Ali Impron, Roro Inda Melani, Muhammad Fairuzabadi, Wafiyatu Maslahah, Brigida Intan Printina, Agus Mursidi, Emi Tipuk Lestari

ISBN:

978-634-7327-29-1

Penerbit:

Yashmedia

Editor:

Tim YLAI

Layout:

TIM YASH MEDIA

Dimensi | Halaman:

15 x 23 cm | xx + 266 hlm


Posted

in

,

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *